• Portal UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat IT
  • Perpustakaan
  • Pusat Penelitian
  • Webmail
  • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • EnglishEnglish
Universitas Gadjah Mada Program Magister Program Studi Arsitektur
Universitas Gadjah Mada
  • BERANDA
  • PROFIL
    • TENTANG KAMI
    • VISI DAN MISI
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • DOSEN DAN STAF
      • KBK DESAIN ARSITEKTUR
      • KBK PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN ARSITEKTUR
      • KBK SEJARAH, TEORI, KONSERVASI ARSITEKTUR DAN DESAIN KOTA
      • KBK TEKNOLOGI BANGUNAN ARSITEKTUR
      • DOSEN DAN STAF
    • AKREDITASI
    • KERJA SAMA
      • KERJA SAMA NASIONAL
      • KERJA SAMA INTERNASIONAL
    • KALENDER AKADEMIK
    • FASILITAS
    • KONTAK
  • PENDAFTARAN
    • PROSEDUR PENDAFTARAN
    • PERSYARATAN PENDAFTARAN
    • BIAYA PENDIDIKAN DAN BEASISWA
    • BROSUR
  • AKADEMIK
    • KURIKULUM
    • MAGISTER ARSITEKTUR
      • MATA KULIAH ARSITEKTUR
      • MATA KULIAH INTI ARSITEKTUR
      • MATA KULIAH PILIHAN ARSITEKTUR
    • MARS KONSENTRASI DESAIN ARSITEKTUR
      • MATA KULIAH DESAIN ARSITEKTUR
      • MATA KULIAH INTI DESAIN ARSITEKTUR
      • MATA KULIAH PILIHAN DESAIN ARSITEKTUR
    • MARS KONSENTRASI ARSITEKTUR PARIWISATA
      • MATA KULIAH ARSITEKTUR PARIWISATA
      • MATA KULIAH INTI ARSITEKTUR PARIWISATA
      • MATA KULIAH PILIHAN ARSITEKTUR PARIWISATA
    • MAGISTER ARSITEKTUR BERBASIS RISET
      • MATA KULIAH ARSITEKTUR BERBASIS RISET
      • MATA KULIAH INTI ARSITEKTUR BERBASIS RISET
      • MATA KULIAH PILIHAN ARSITEKTUR BERBASIS RISET
  • AKTIVITAS
    • STUDIO
    • TESIS
    • PRESTASI MAHASISWA
  • ALUMNI
  • TAUTAN
    • UNIVERSITAS GADJAH MADA
    • FAKULTAS TEKNIK UGM
    • DTAP UGM
    • PROGRAM SARJANA ARSITEKTUR
    • PROGRAM DOKTOR ARSITEKTUR
    • PROGRAM MAGISTER RANCANG KOTA
    • PROGRAM SARJANA PWK
    • PROGRAM MAGISTER PWK
    • PERPUSTAKAAN UGM
    • PERPUSTAKAAN F. TEKNIK UGM
    • SIMASTER
    • ASPIRASI UGM
    • OIA UGM
    • OIA FT UGM
    • ECC UGM
    • DSSDI UGM
  • Beranda
  • PERSYARATAN PENDAFTARAN

PERSYARATAN PENDAFTARAN

  • 10 September 2021, 04.47
  • Oleh: s2arsugm
  • 0

Dokumen yang diserahkan dalam proses pendaftaran harus memenuhi beberapa kriteria. Berikut persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa.

  1. Ijazah asli dari jenjang pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti.
  2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:
    • ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
    • 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
    • ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
  3. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku.
    • Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku.
    • Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi.
      Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.
  4. Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:
    • PAPs UGM; skor minimal 450
    • TPDA PLTI; skor minimal 450
    • Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS; skor minimal 450
      *) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.
  5. Sertifikat hasil tes kemampuan bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan bahasa Inggris:
    • AcEPT UGM; skor minimal 149
    • TOEP PLTI; skor minimal 27
    • International English Testing System (IELTS); skor minimal 4.0
    • Internet-Based (iBT) TOEFL; skor minimal 30
    • Institutional Testing Program (ITP) TOEFL; skor minimal 400
      *) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.
  6. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif.
  7. Syarat khusus:
    • Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah;
  8. Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi.
    *) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research)
    Surat izin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini).
  9. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama).
  10. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini).

Recent Posts

  • Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Semester Gasal TA 2023/2024 Gelombang ke-2
  • Tracer Study 2023 Universitas Gadjah Mada
  • Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Semester Gasal TA 2023/2024
  • Dosen Arsitektur Eugenius Pradipto Dikukuhkan sebagai Guru Besar
  • Hasil Survei Kepuasan Pemangku Kepentingan untuk Magister Arsitektur

Arsip

  • Mei 2023
  • Maret 2023
  • Juli 2022
  • Mei 2022
  • Maret 2022
  • Februari 2022
  • September 2021
Universitas Gadjah Mada

Program Magister Program Studi Arsitektur
Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
Jalan Grafika No. 2, Sekip, Yogyakarta 55281, Indonesia
Telepon: (0274) 542973
Narahubung: +628112924459 (Ratri)
E-mail: s2arsugm@ugm.ac.id

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju