• Portal UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat IT
  • Perpustakaan
  • Pusat Penelitian
  • Webmail
  • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia
    • EnglishEnglish
Universitas Gadjah Mada Program Magister Program Studi Arsitektur
Universitas Gadjah Mada
  • BERANDA
  • PROFIL
    • TENTANG KAMI
    • VISI DAN MISI
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • DOSEN DAN STAF
      • KBK DESAIN ARSITEKTUR
      • KBK PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN ARSITEKTUR
      • KBK SEJARAH, TEORI, KONSERVASI ARSITEKTUR DAN DESAIN KOTA
      • KBK TEKNOLOGI BANGUNAN ARSITEKTUR
      • DOSEN DAN STAF
    • AKREDITASI
    • KERJA SAMA
      • KERJA SAMA NASIONAL
      • KERJA SAMA INTERNASIONAL
    • KALENDER AKADEMIK
    • FASILITAS
    • KONTAK
  • PENDAFTARAN
    • PROSEDUR PENDAFTARAN
    • PERSYARATAN PENDAFTARAN
    • BIAYA PENDIDIKAN DAN BEASISWA
    • BROSUR
  • AKADEMIK
    • KURIKULUM
    • MAGISTER ARSITEKTUR
      • MATA KULIAH ARSITEKTUR
      • MATA KULIAH INTI ARSITEKTUR
      • MATA KULIAH PILIHAN ARSITEKTUR
    • MARS KONSENTRASI DESAIN ARSITEKTUR
      • MATA KULIAH DESAIN ARSITEKTUR
      • MATA KULIAH INTI DESAIN ARSITEKTUR
      • MATA KULIAH PILIHAN DESAIN ARSITEKTUR
    • MARS KONSENTRASI ARSITEKTUR PARIWISATA
      • MATA KULIAH ARSITEKTUR PARIWISATA
      • MATA KULIAH INTI ARSITEKTUR PARIWISATA
      • MATA KULIAH PILIHAN ARSITEKTUR PARIWISATA
    • MAGISTER ARSITEKTUR BERBASIS RISET
      • MATA KULIAH ARSITEKTUR BERBASIS RISET
      • MATA KULIAH INTI ARSITEKTUR BERBASIS RISET
      • MATA KULIAH PILIHAN ARSITEKTUR BERBASIS RISET
  • AKTIVITAS
    • STUDIO
    • TESIS
    • PRESTASI MAHASISWA
  • ALUMNI
  • TAUTAN
    • UNIVERSITAS GADJAH MADA
    • FAKULTAS TEKNIK UGM
    • DTAP UGM
    • PROGRAM SARJANA ARSITEKTUR
    • PROGRAM DOKTOR ARSITEKTUR
    • PROGRAM MAGISTER RANCANG KOTA
    • PROGRAM SARJANA PWK
    • PROGRAM MAGISTER PWK
    • PERPUSTAKAAN UGM
    • PERPUSTAKAAN F. TEKNIK UGM
    • SIMASTER
    • ASPIRASI UGM
    • OIA UGM
    • OIA FT UGM
    • ECC UGM
    • DSSDI UGM
  • Beranda
  • PROSEDUR PENDAFTARAN

PROSEDUR PENDAFTARAN

  • 27 April 2021, 06.19
  • Oleh: Admin
  • 0

Penjaringan atau rekrutmen calon mahasiswa Program Studi Magister Arsitektur memiliki beberapa standar operasional tertentu yang harus ditempuh oleh setiap calon mahasiswa. Mahasiswa yang diterima menjadi mahasiswa Program Studi Magister Arsitektur adalah mahasiswa yang dinyatakan lolos dalam memenuhi persyaratan administrasi dan akademik, serta berdasarkan kriteria pengambilan keputusan di tingkat prodi. Prosedur penerimaan tersebut tercantum pada website www.um.ugm.ac.id. Berikut adalah prosedur pendaftaran dan syarat pelamar Program Studi Magister Arsitektur.

1. Menghubungi program studi tujuan untuk mengetahui syarat khusus dan/atau persyaratan tambahan yang diperlukan dalam seleksi. Kontak program studi klik di sini.

2. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.

3. Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.

  • Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
  • Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris.
  • Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
No. Dokumen Format
1 Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya *.pdf
2 Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman, memuat IPK) *.pdf
3 Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) *.pdf
4 Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

  • Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA PLTI)
  • Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM
  • Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.

*.pdf
5 Sertifikat hasil tes kemampuan bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan bahasa Inggris:

  • Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM
  • Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI)
  • International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh British Council/IALF/IDP
  • Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF
  • Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.

*.pdf
6 Surat izin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini). *.pdf
7 Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama) *.pdf
8 Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini). *.pdf
9 Draft Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi

*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research)

*.pdf
10 Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini). *.pdf

4. Mengisikan data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.

5. Membayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk yang tercantum dalam tahapan pembayaran. Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun. Pendaftar pada gelombang 1 yang belum diterima karena belum memenuhi syarat skor TKBI dan Tes Potensi, dapat mendaftar di gelombang 2 dengan memenuhi syarat tersebut, maka pendaftaran pada gelombang 2 dibebaskan dari biaya pendaftaran.

6. Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

Recent Posts

  • Tracer Study 2023 Universitas Gadjah Mada
  • Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Semester Gasal TA 2023/2024
  • Dosen Arsitektur Eugenius Pradipto Dikukuhkan sebagai Guru Besar
  • Hasil Survei Kepuasan Pemangku Kepentingan untuk Magister Arsitektur
  • Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Semester Gasal TA 2022/2023

Arsip

  • Maret 2023
  • Juli 2022
  • Mei 2022
  • Maret 2022
  • Februari 2022
  • September 2021
Universitas Gadjah Mada

Program Magister Program Studi Arsitektur
Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
Jalan Grafika No. 2, Sekip, Yogyakarta 55281, Indonesia
Telepon: (0274) 542973
Narahubung: +628112924459 (Ratri)
E-mail: s2arsugm@ugm.ac.id

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju