• Portal UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat IT
  • Perpustakaan
  • Pusat Penelitian
  • Webmail
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Program Magister Program Studi Arsitektur
Universitas Gadjah Mada
  • BERANDA
  • PROFIL
    • TENTANG KAMI
    • VISI DAN MISI
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • DOSEN DAN STAF
      • KBK DESAIN ARSITEKTUR
      • KBK PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN ARSITEKTUR
      • KBK SEJARAH, TEORI, KONSERVASI ARSITEKTUR DAN DESAIN KOTA
      • KBK TEKNOLOGI BANGUNAN ARSITEKTUR
      • DOSEN DAN STAF
    • AKREDITASI
    • KERJA SAMA
      • KERJA SAMA NASIONAL
      • KERJA SAMA INTERNASIONAL
    • KALENDER AKADEMIK
    • FASILITAS
    • KONTAK
  • PENDAFTARAN
    • PROSEDUR PENDAFTARAN
    • PERSYARATAN PENDAFTARAN
    • BIAYA PENDIDIKAN DAN BEASISWA
    • BROSUR
  • AKADEMIK
    • KURIKULUM
    • MAGISTER ARSITEKTUR
      • MATA KULIAH ARSITEKTUR
      • MATA KULIAH INTI ARSITEKTUR
      • MATA KULIAH PILIHAN ARSITEKTUR
    • MARS KONSENTRASI DESAIN ARSITEKTUR
      • MATA KULIAH DESAIN ARSITEKTUR
      • MATA KULIAH INTI DESAIN ARSITEKTUR
      • MATA KULIAH PILIHAN DESAIN ARSITEKTUR
    • MARS KONSENTRASI ARSITEKTUR PARIWISATA
      • MATA KULIAH ARSITEKTUR PARIWISATA
      • MATA KULIAH INTI ARSITEKTUR PARIWISATA
      • MATA KULIAH PILIHAN ARSITEKTUR PARIWISATA
    • MAGISTER BERBASIS RISET (MBR)
      • MATA KULIAH MAGISTER BERBASIS RISET (MBR)
      • MATA KULIAH INTI MAGISTER BERBASIS RISET (MBR)
  • AKTIVITAS
    • STUDIO
    • TESIS
    • PRESTASI MAHASISWA
  • ALUMNI
  • TAUTAN
    • UNIVERSITAS GADJAH MADA
    • FAKULTAS TEKNIK UGM
    • DTAP UGM
    • PROGRAM SARJANA ARSITEKTUR
    • PROGRAM DOKTOR ARSITEKTUR
    • PROGRAM MAGISTER RANCANG KOTA
    • PROGRAM SARJANA PWK
    • PROGRAM MAGISTER PWK
    • PERPUSTAKAAN UGM
    • PERPUSTAKAAN F. TEKNIK UGM
    • SIMASTER
    • ASPIRASI UGM
    • OIA UGM
    • OIA FT UGM
    • ECC UGM
    • DSSDI UGM
  • Beranda
  • PROSEDUR PENDAFTARAN

PROSEDUR PENDAFTARAN

  • 27 April 2021, 06.19
  • Oleh: Admin
  • 0

Penjaringan atau rekrutmen calon mahasiswa Program Magister Program Studi Arsitektur memiliki beberapa standar operasional tertentu yang harus ditempuh oleh setiap calon mahasiswa atau pendaftar. Pendaftar yang diterima menjadi mahasiswa Program Magister Program Studi Arsitektur adalah yang dinyatakan lolos dalam memenuhi persyaratan administrasi dan akademik, serta berdasarkan kriteria pengambilan keputusan di tingkat prodi. Prosedur penerimaan tersebut tercantum pada website www.um.ugm.ac.id. Berikut adalah prosedur pendaftaran Program Magister Program Studi Arsitektur.

1. Menghubungi program studi tujuan untuk mengetahui syarat khusus dan/atau persyaratan tambahan yang diperlukan dalam seleksi. Kontak Program Magister Program Studi Arsitektur:

  • E-mail: s2arsugm@ugm.ac.id
  • Whatsapp: +628112924459 (Ratri)

2. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.

3. Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.

  • Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
  • Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris.
  • Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
No. Dokumen Format
1 Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya *.pdf
2 Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman, memuat IPK) *.pdf
3 Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) *.pdf
4 Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

  • Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA PLTI)
  • Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM
  • Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS

*) Pendaftar wajib mempunyai skor.

*.pdf
5 Sertifikat hasil tes kemampuan bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan bahasa Inggris:

  • Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM
  • Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI)
  • International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh British Council/IALF/IDP
  • Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF
  • Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF

*) Pendaftar wajib mempunyai skor.
Tabel konversi tes bahasa Inggris menjadi nilai angka, silakan klik di sini.

*.pdf
6 Surat izin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini). *.pdf
7 Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerja sama) *.pdf
8 Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini). *.pdf
9 Draft Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi.

*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research)

*.pdf
10 Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini). *.pdf

4. Mengisikan data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.

5. Membayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk yang tercantum dalam tahapan pembayaran. Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun.
Pendaftar pada salah satu gelombang yang tidak diterima karena belum memenuhi syarat skor TKBI dan Tes Potensi, dapat mendaftar di gelombang berikutnya dengan memenuhi syarat tersebut dan dibebaskan dari biaya pendaftaran. Silakan hubungi program studi tujuan.

6. Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

Panduan pengisian rekomendasi oleh peserta dan pemberi rekomendasi dapat dilihat di sini.

Recent Posts

  • Kuliah Tamu oleh Prof. Mark Hampton: Planning Island Tourism in Indonesia
  • Adaptability of Siheyuan (四合院) Spatial Arrangement in Chinese Houses in Kampung Ketandan, Yogyakarta, Indonesia
  • Kunjungan Lapangan Studio Arsitektur 2: Menangkap Fenomena Ruang Komunal di Kotagede
  • Belajar Arsitektur Pariwisata di Stasiun Samarang, Kampung Spoorland
  • Three-Dimensional Digital Documentation for the Conservation of the Prambanan Temple Cluster Using Guided Multi-Sensor Techniques

Arsip

  • Mei 2025
  • April 2025
  • Maret 2025
  • Januari 2025
  • September 2024
  • Februari 2024
  • Mei 2023
  • Maret 2023
  • Juli 2022
  • Mei 2022
  • Maret 2022
  • Februari 2022
  • September 2021
Universitas Gadjah Mada

Program Magister Program Studi Arsitektur
Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
Jalan Grafika No. 2, Sekip, Yogyakarta 55281, Indonesia
Telepon: (0274) 542973
Narahubung: +628112924459 (Ratri)
E-mail: s2arsugm@ugm.ac.id

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju